Pages

Rabu, 23 April 2014

Definisi Lahan

DEFINISI LAHAN

Lahan Pertanian

  1. Menurut Purwowidodo (1983). lahan mempunya pengertian suatu lingkungan fisik yang mencakup iklim, relif tanah, hidrologi dan tumbuhan yang sampai pada batas tertentu akan mempengaruhi kamampuan penggunaan lahan.
  2. Menurut Rafi'i (1985), lahan merupakan permukaan daratan dengan benda-benda padat, cair, dan gas.
  3. Food and Argiculture Organization (FAO) mengartikan lahan sebagai tempat di permukaan bumi yang sifat-sifatnya layak disebut seimbang dan saling berkaitan satu sama lain, memiliki atribut mulai dari biosfer, atmosfer, batuan induk, bentuk lahan, tanah dan ekologinya, hidrologi, tumbuh-tumbuhan, hewan dan hasil dari aktifitas manusia pada masa lampau dan sekarang.
Jadi, dapat disimpulkan bahwa lahan merupakan sebidang tanah dengan luas tertentu yang akan/sedang/sudah digunakan oleh manusia dalam rangka memenuhi kebutuhan hidupnya.

Ada 2 jenis lahan, yaitu :
  1. Lahan Potensial, adalah lahan yang dapat memberikan produk secara optimal dan ekonomis cukup menguntungkan. Ciri-cirinya : 
  • Kemiringan relatif datar
  • Mempunyai daya dukung tanah
  • kedalaman air tanah yang baik
  • ada kandungan lempeng
    2.   Lahan Kritis, adalah lahan yang kemampuan produksinya sangat kurang. Dipengaruhi oleh erosi, dan pengolahan tanah yang tidak sesuai.



Sumber Referensi :
Lahan. (http://file.upi.edu/, diakses tanggal 23 April 2014)
Sukma, Dinda. 2013. Pedosfer. (http://dinda-sukma.blogspot.com/, di akses tanggal 23 April 2014)

0 komentar: